Oleh: Dityasa H Forddanta
www.kontan.id
Jumat, 30 Agustus 2013 | 14:57 WIB

JAKARTA. Ada satu lagi perusahaan yang akan go public alias akan mendaftarkan dirinya di Bursa Efek Indonesia (BEI). Perusahaan tersebut hadir di sektor jasa pelayaran, yakni PT Logindo Samudramakmur. Meski belum bisa merinci semua proses kegiatan initial public offering (IPO) -nya, tapi Hoesen selaku Direktur Penilaian Perusahaan BEI, memberikan informasi saat ditemui wartawan siang ini.

“Rencananya, ada 30% saham yang dilepas. Perolehan dananya di atas Rp500 miliar, tapi tidak lebih dari Rp1 triliun,” terang Hoesen, (30/8).
Sementara itu, Siantagara, Direktur Investment Banking RHB OSK Securities yang menjadi underwriter perhelatan ini bilang, IPO dilakukan dengan buku Juni 2013. Rencananya, listing saham perdana Logindo Sundramakmur itu dilaksanakan akhir tahun ini. “Kami tetap maju tetapi tetap memperhatikan kondisi pasar. Strateginya, kami tawarkan saham yang murah, kalau market sedang seperti ini,” jelas Siantagara.

Informasi saja, Logindo Samudramakmur merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan atau jasa penyewaan kapal. Hingga saat ini, perusahaan mengoperasikan berbagai kapal seperti; Anchor Handling Tug dan Supply vessel, Platform Supply Vessel, Azimuth Stern Drive Tug, diving Support Vessel, Fast Crew Supply Vessel, Patrol Boat, Landing Craft, Tug Boat dan lainnya.