Jakarta, 29 Juli 2016

PT Logindo Samudramakmur Tbk. (“Perseroan”), perusahaan yang bergerak dibidang jasa pendukung kegiatan lepas pantai bagi industri minyak dan gas bumi, hari ini mengumumkan hasil kinerja keuangan Perseroan tidak  diaudit untuk enam bulan pertama tahun 2016.

Presiden Direktur Perseroan, Eddy Kurniawan Logam, menyatakan: “Kinerja Perseroan pada semester pertama masih menantang tetapi mengecewakan dari berbagai hal. Meski harga minyak dunia mulai meningkat sejak Pebuari 2016, hari ini ternyata masih menunjukkan tanda-tanda ketidak-stabilan. Karena itu, investasi eksplorasi dan produksi migas masih belum dapat bangkit kembali. Untuk usaha Perseroan, kami masih menghadapi tarif sewa kapal yang paling rendah dari persaingan yang berlebihan untuk beberapa proyek tender terakhir. Disamping itu, kami juga diminta untuk melakukan re-negosiasi ulang tarif sewa kapal dari beberapa pelanggan.

Chief Financial Officer, Sundap Carulli, menjelaskan: “Penurunan tingkat utilisasi kapal dan tarif sewa yang semakin tertekan selama enam bulan pertama ini  mengakibatkan penurunan pendapatan Perseroan sebesar 31% dibanding periode yang sama tahun lalu. Perseron telah berhasil menurunkan biaya operasi kapal dan biaya tetap, terutama gaji ABK (turun 27%), perbaikan dan perawatan kapal (turun 37%) dan gaji pegawai (turun 28%). Biaya pendanaan untuk periode laporan juga turun 9% di banding tahun lalu.

Manajemen telah melakukan penilaian internal terhadap perkembangan usaha dan aset Perseroan. Mencerminkan manajemen kebijaksanaan yang berhati-hati, Perseroan telah mencadangkan penurunan nilai kapal sebesar USS 10,9 juta. Kerugian tahun berjalan ini belum pernah terjadi tetapi mencerminkan ketidak-pastian di industri dan pasar saat ini.”

Eddy Kurniawan Logam menambahkan: “Kedepannya, kami akan lebih agresif bersaing dalam tarif sewa untuk meningkatkan utilisasi kapal. Kami telah membidik proyek-proyek baru yang cukup prospektif dimana kami menargetkan dapat memenangkan beberapa tender proyek tersebut. Pengendalian arus kas yang berhati-hati sangat penting dalam beberapa bulan mendatang. Kami akan terus menekankan efisiensi kegiatan, pengendalian biaya dan pengeluaran secara maksmimal. DIsamping itu, kami akan mendorong penjualan kapal-kapal tua yang tidak beroperasi, yang juga  dapat menyumbangkan kas kepada Perseroan.

Pendanaan kembali pinjaman jangka panjang Perseroan telah menghasilkan, Dengan diperpanjangnya tenor masa pinjaman, ini akan mengurangi pembayaran cicilan pokok pinjaman bulanan sedikitnya 60% mulai bulan Agustus 2016. Kami optimis Perseroan dapat memberikan kinerja yang lebih baik dalam semester kedua.”

Press Release 290716_PT Logindo Samudramakmur_r1

get_adobe_reader Catatan: File dalam format Adobe (PDF).
Untuk melihatnya, silakan download gratis  Adobe Acrobat Reader .